Industri
Fashion merupakan industri yang tidak
akan ada matinya, karena sampai pada akhir hayat seseorang pun masih memerlukan
kain yang mampu menutupi seluruh tubuhnya.
Salah
satu keuntungan para penggelut dunia fashion
di Indonesia pada bulan Ramadhan yakni mereka akan meraup keuntungan yang lebih
banyak dikarenakan penjualan terhadap barang dagangan mereka akan terus
meningkat, apalagi menjelang hari raya kemenangan Idul Fitri. Kaum hawa akan
berbondong-bondong ke tempat perbelanjaan, baik itu Mall, Pasar Tradisional, Pasar Modern, hingga ke butik designer ternama hanya untuk mendapatkan
setelan cantik nan menawan yang akan digunakan pada hari kemenangan.
Bicara fashion tentu tidak bisa dijauhkan dari dunia wanita yang selalu
ingin tampil cantik dan elegan didepan umum.Ini terlihat dari fakta bahwa pada
masa awal kehadiran shopping online, ranah ini didominasi lelaki. Namun sejak
akses Internet makin mudah dan dibarengi dengan peningkatan daya beli
masyarakat Indonesia, perempuan yang sudah dari sononya tukang belanja menjadi
target yang paling diincar.
Allah
memerintahkan umatnya untuk berpakaian yang baik pada saat shalat, terlebih
pada saat merayakan hari yang fitri. ‘Allah menyukai keindahan’ itulah salah
satu pernyataan yang sering dilontarkan kaum muslimah apabila ditanya kenapa
harus terus belanja dan membeli baju baru ketika Idul Fitri akan tiba,
sedangkan pakaian di lemari pun sudah membludak. Kaum hawa akan selalu
mempunyai alasan khusus demi berhasil mendapatkan pakaian muslimah terbaik
untuk Idul Fitri.
Busana
muslim sekarang ini menjadi bisnis yang menjanjikan.Sekarang juga banyak wanita
yang menggeluti bisnis busana muslim.Tidak hanya para artis saja yang
menjalankan bisnis ini, masyarakat umum pun juga sudah mulai banyak yang
menjalankan bisnis ini. Produk busana muslimah sangat ramai dicari pembeli
terutama di bulan puasa atau menjelang lebaran.
Model
produk busana muslimah sekarang juga tidak ketinggalan jaman, modis dan nyaman
dipakai. Selain butik pakaian muslim anda pun dapat menjual aksesoris lainnya
seperti kerudung, mukenah, kopiah dll.Meski hawa kompetitif begitu terasa di
pasar ini, namun hal tersebut tak membuat desainer Irna Mutiara khawatir.
Justru, Irna mengangap jika hal tersebut merupakan peluang untuknya.
Meningkatnya pemakai busana muslim di Indonesia memang menjadi gelombang
positif bagi industri fesyen muslim Tanah Air. Bahkan, dalam pandangan wanita
yang telah mahir menjahit sejak kelas 5 SD ini dianggapnya sebagai peluang
besar. Selain berbelanja barang-barang untuk mereka sendiri, seperti busana,
produk kecantikan, dan aksesoris, perempuan juga berbelanja untuk orang-orang
yang mereka cintai. Busana untuk orang satu rumahpun sering menjadi tanggung
jawab perempuan untuk membelinya.
Menurut data The State Of The Global Islamic Report 2015/2016, pasar
pakaian muslim mencapai US$230 miliar atau setara Rp3000 triliun pada 2014. Dan
angka tersebut diperkirakan akan meningkat hingga US$327 miliar atau Rp4354
triliun pada 2020.
Menanggapi hal tersebut, kalangan industri fashion dunia mulai memberi
perhatian lebih kepada pakaian muslim. Sejumlah merek global kelas atas hingga
kelas menengah mencoba peruntungan di koleksi modest
fashion.
Menjelang bulan Ramadhan ini, berbagai merek fashion
tersebut berlomba-lomba mengeluarkan koleksi Ramadhan seperti DKNY, Uniqlo,
Zara, H&M, dan masih banyak lagi. Begitu pula di Indonesia, menjelang bulan
Ramadhan, geliat bisnis fashion muslim
mulai terasa.
Menjadi pangsa pasar konsumsi pakaian muslim terbesar kelima di dunia,
membuat Indonesia tidak mau ketinggalan untuk 'mencicipi' larisnya fashion muslim saat bulan Ramadhan.
Serta menganggap momen tersebut menjadi peluang usaha yang besar.
Melihat hal itu Indonesia Fashion Chamber (IFC) mengadakan pameran
fashion muslim terbesar di Indonesia 26-29 Mei 2016 mendatang. Muslim Fashion Festival (Muffest)
diadakan sebagai bentuk mengoptimalkan sektor bisnis fashion muslim menjelang Ramadhan
ini.
Ribuan triliun yang dikeluarkan oleh para muslimah Indonesia demi
mendapatkan setelan fashion muslimah
dambaannya bukanlah sebuah angka yang kecil, bukan? Angka tersebut sangat
menunjukkan minat para muslimah dalam mempercantik diri dan menjalankan syari’at
Allah yang memerintahkan umat muslimahnya untuk senantiasa menutup aurat dengan
menggunakan pakaian muslim.
Melihat kesempatan brilian ini, membuat para penggiat fashion muslim di Indonesia kian
semangat dalam memproduksi dan mempromosikan karya-karya indah mereka. Meningkatnya
kebutuhan pengguna busana muslim membuat pembisnis baju muslim mempunyai
peluang usaha baju muslim atau busana muslim yang sangat besar. Selain
tertantang membuat koleksi busana muslim para designer baju muslim pun tetap
dituntut lebih inovatif dan kreatif dalam menciptakan busana muslim, Seperti
jilbab, selendang/ pashmina, kerudung, jilbab bergo dll. Trend busana muslim
banyak disikapi oleh para design dari banyak sisi atau sudut pandang. Untuk
disainer yang sudah lama menjalani bisnis dibidang design busana muslim, tentu
mereka sudah pasti tahu selalu dituntut agar lebih kreatif membuat karyanya.
Dan di Indonesia ini sudah sangat banyak bermunculan pula perancang busana
muslim yang masih memulai bisnis fashion hijab.
Meskipun suasana kompetitif sangat terasa di pasaran, tetapi hal tersebut
tidak membuat para desainer baju muslim, justru hal seperti ini dianggap
sebagai peluang yang bagus. Untuk peningkatan pemakai busana muslim atau hijab
Indonesia memang menjadi gelombang yang positif untuk industri fashion baju
muslim di indonesia. Bahkan dalam pandangan seorang yang mahir menjahit
dianggapnya sebagai peluang besar untuknya. Selain berbelanja baju muslim untuk
sendiri, seperti baju muslim, jilbab, kerudung, selendang/ pashmina, jilbab
bergo, jilbab scarf dan aksesoris busana muslim, pastinya seorang wanita juga
akan berbelanja untuk orang yang mereka cintai atau keluarganya. Karena
biasanya pada hari besar islam baju muslim untuk keluarga dirumah sering
menjadi tanggung jawab seorang ibu atau wanita untuk membelikanya. Jadi apabila
masih ada wanita/ perempuan didunia ini pasti bisnis busana muslim tidak akan
pernah punah.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar